Kamis, 14 April 2016

Sejarah Kuantan singingi



ARTIKEL
ADAT DAN SEJARAH LUBUK JAMBI

A.Kelayakan Historis dan Adat
                Menurut berbagai sumber sejarah dan purbakala, tradisi dan adat bahwa kuantan singingi merupakan negeri tua yang mempunyai sistem kemasyarakatan dan pemerintahan yang spesifik.
                Sistem kemasyarakatan didasarkan kepada sistem kekerabatan geneologis (adat bersuku-suku).di dalam pemecahan masalah kemasyarakatan dan pemerintahan diutamakan musyawarah untuk mufakat.sistem kemasyarakatan tersebut di aplikasikan dalam bentuk adat yang tercermin pada sistem pemerintahan yang bersifat otonom.Bagi rantau Kuantan keadaan ini berlangsung dari masa kerajaan kandis (abad ke 8 Masehi) sampai awal kemerdekaan Republik Indonesia.Karena Rantau yang berbeda,  Singingi tidak mengalami pengaruh kemasyarakatan sebab ia memiliki daulat sendiri dari kerajaan pagaruyung.
            Negeri Kuantan yang termasuk dalam kabupaten indragiri pada awalnya merupakan wilayah Kerajaan indragiri yang menguasai pula kuantan dalam bentuk pemerintahan yang dapat diangkat dari ungkapan Kuantan bersultan ke indragiri, Keraja ke mufakat.Adapun negri Singingi ba Mamak k e pagaruyung dan beraja ke mufakat se-laras Antau Singingi.
            Raja Rusli (1999) menyatakan adat kuantan yang berbeda dengan indragiri hulu bagian hilir seperti dinyatakan azas adat Kuantan : Adat Selingkung nagori, agamo Selingkung dunia Artinya aturan-aturan adat suatu negri hanya mempunyai kekuantan didalam negeri sendiri , sedangkan kekuatan hukum agama berlaku universal. Lebih lanjut diungkapkannya bahwa adat bersendi Syara’,Syara’bersendi kitabullah.

B.Masa-masa kerajaan
            Dalam Negara Kertagama oleh empu prapanca disebutkan daerah-daerah di sumatra termasuk kekuasaan Mojopahit diantaranya Kandis. Pusat Kerajaan kandis ini berlokasih di hulu batang kuantan, Diperkirakan di padang candi (Lubuk Jambi).Dilokasi tersebut ditemukan puing-puing purbakala berupa puing candi di Dusun botung (desa bambu).dikawasan ini ada kampung yang bernama sintonga dan kompahan,Atau Orang lubuk jambi biasa menyebutnya dengan botuang yang berada di desa Sangau.
            Sang Sapurba di kerajaan kuantan mengatur pemerintahan berdasarkan sistem adat yang dilaksanakan oleh penghulu (Datuk) pada masing-masing suku (4 Suku): peliang , Malayu, Caniago dan patopang dengan perangkat-perangkat adatnya,pemerintahan dipusatkan di koto-koto pada masing-masing nagori (negeri)sekaligus tempat kedudukan penghulu dan perangkat adt itu mengisi sistem pemerintahan yang disebut sistem federasi – Selanjutnya menjadi konfederasi Kuantan singingi.
            Dikoto berdiri rumah adat untuk masing-masing suku (4 Suku) dengan sebuah Balai Adat untuk memecahkan masalah nagori dan anak cucu kemanakan.
            Di dalam pemecahan masalah-masalah nagori para pemuka adat (datuk-datuk) bersama-sama pemuka agama dan cerdik pandai untuk bermusyawarah yang dikenal dengan orang enam belas untuk membuat keputusan atau (mengambil kata mufakat), seperti ungkapan yang berbunyi antara lain “gentinmemutuskan, bebiang mencabikan”, artinya memutuskan masalah-masalah dalam nagori.
            Perincian orang enam belas tersebut terdiri dari :
-        4 orang datuk,
-        4 orang monti (menteri),
-        4 orang dubalang (hulubalang),
-        3 orang ulama (khodi, imam, khatib),
-        1 orang cerdik pandai.
Pemerintahan Kuantan yang federasi tersebut memiliki daerah-daerah yang pada mulanya terdiri dari 3 (tiga) Koto, yaitu :
-        Empat Koto di atas, yaitu dianggap Sampurago, Lubuk Ambacang, Koto Tuo dan Sungai Pinang yang dipimpin oleh datuk peduka Raja, berkedudukan di Lubuk Ambacang.
-        Lima Koto di tengah, terdiri dari Kari, Teluk, Simandolak, Siberakun dan Sibuayo dipimpin oleh Datuk Bandaro Lelo Budi, berkedudukan di Kari.
-        Empat Koto di hilir, terdiri dari negeri-negeri Pangean, Baserah, Inuman dan Cerenti yang dipimpin oleh Datuk Ketemanggungan, berkedudukan di Inuman.
Selanjutnya menjadi 4 (empat) Koto dengan masuknya Empat Koto Gunung. Empat Koto Gunung terdiri dari negeri-negeri Teluk Beringin Toar, Gunung dan Lubuk Tarontang yang dipimpin oleh Datuk Bandaro yang berkedudukan di Gunung.
Empat koto ini berkedudukan pada masing-masing nagori di bawah pimpinan para Urang Godang (terkenal dengan 4 Urang Godang), selanjutnya termasuk federasi Pantai Lubuk Ramo manjadi 5 (lima) Urang Godang. Federasi Pantai Lubuk Ramo meliputi Lubuk Ramo, Pantai dan Air Buluh. Pimpinan federasi itu bergelar Datuk Timbang Tail. Untuk mengkoordinasikan pemerintahan diantara federasi-federasi tersebut (Urang-urang Godang) dibentuk pula pemerintahan konfederasi (dipimpin oleh seorang Urang Godang). Konfederasi Kuantan dikenal dengan sebutan nagori nan kurang oso dua puluh (19 negeri).
Urang Godang yang 9 adalah :
1.      Datuk Paduka Raja di Lubuk Ambacang
2.      Datuk Habib di Lubuk Jambi
3.      Datuk Bandaro di Gunung
4.      Datuk Bisai di Teluk Kuantan
5.      Raja Ismail di Baserah
6.      Datuk Dano Puto di Cerenti
7.      Datuk Dano Sikaro di Inuman
8.      Datuk Timbang Tail di Pantai Lubuk Ramo
9.      Datuk Raja Ruhum di logas tanah darat
Sementara di Singingi dengan latar belakang sejarah, di masa kerajaan memang tidak satu dengan Kuantan, karena Singingi merupakan kerajaan berdiri sendiri setelah mendapat Daulat Raja Pagaruyung. Hingga 1901 Belanda masuk di Antau ini mendapat status Zelf Bestuure van Singingi mengakui pemerintahan Adat yang ada. Faktor ini pulalah yang menjadi dasar Singingi pada awal Republik diakui dan kokoh dibentuk menjadi satu wilayah pemerintahan kecamatan didukung Ulayat Penhulu Datuk Nan Batujuh yang memadai luas (Peraturan pemerintahan No. 1 Tahun 1946)
Federasi Adat Antau Singingi memiliki 9Koto Adat, masing-masing berstatus otonom di bawah satu lembaga Urang Godang Duo Sakoto perpanjangan tangan Urang Godang Datuk Nan Baduo Antau Singingi.
Ke-9 Nagori Adat Antau Singingi berikut Pisoko-nya masing-masing adalah:

1.      Muara Lembu = Pusat Kerajaan = Tanah Kojan
2.      Pulau Padang = Kepala Koto
3.      Kebun Lado = Muara = Ekor Koto
4.      Pangkalan Indarung = Pucuk Antau = Teropong Antau
5.      Logas = Luhak = Kawasan Darat Antau

Empat Koto di Hilir
6.      Petai = Kunci Emas Pasak Malintan
7.      Koto Baru = Balai Peranginan
8.      Sungai Paku = Piring Emas
9.      Tanjung Pauh = Lantak Tunggal Bomban Basi
Masing-masing nagori ditunggu oleh Empat Suku Adat, yakni Melayu, Piliang, Bendang, dan Piobadar. Beberapa nagori pada masa kini memang ada terdapat lebih dari 4 suku, karena berbagai pertimbangan memisahkan diri dari suku induk. Namun pada dasarnya tetap 4 suku. Semua perangkat adat dalam sebuah suku disebut Ninik Mamak. Pimpinan 4 suku disebut Ninik Mamak Empat Suku. Dalam pemecahan dan penyelesaian permasalahan nagori dibawa Sidang Ninik Mamak Empat Suku sebagai Lembaga Peradilan Nagori. Sementara untuk perkara banding dibawa ke tingkat Peradilan Sidang Datuk Nan Batujuh di tingkat Antau. 

C.Sektor Budaya
            Kebudayaan Kuantan Singingi sebagai bagian dari Kabupaten Indragiri Hulu (pendukung kebudayaan Melayu Riau) telah menunjukan perbedaannya dengan Indragiri Hulu bagian Hilir. Perbedaan kebudayaan Kuantan Singingi tersebut telah memberikan ciri khas kebudayaan Kuantan Singingi seperti berkembangnya unsur-unsur budaya yang mendukung kemandirian masyarakatnya baik dalam memenuhi kehidupan sehari-hari maupun dalam pemerintahan. Kekhasan kebudayaan Kuantan Singingi terwujud dalam sistem adat-istiadat, kekerabatan, gaya hidup, sikap dan prilaku yang menganut etos kerja kebersamaan (batobo), mufakat dalam mengambil keputusan, penggunaan lahan untuk bersama (tanah uluyat).
            Sementara makanan khas Kuantan Singingi adalah Lomang dan Otun Cipuik dan ada juga budaya Pacu Jalur. Sedangkan di daerah Lubuk Jambi ada buday Perahu Baganduang yang biasanya diadakan subuh hari sebelum sholat Idul Fitri pada tanggal  1 Syawal, guna Perahu Baganduang adalah untuk Manjompui Limau. Biasanya Perahu Baganduang  diadakan dua kali yaitu pada tanggal 1 Syawal dan yang kedua diadakan guna untuk hiburan untuk Dunsanak yang pulang dari Perantauan, Perahu Baganduang yang kedua biasanya diadakan oleh pemuda-pemudi Lubuk Jambi.

9 komentar:

  1. Menarik sekali tulisan nya.Beraja ke Mufakat dan Bersultan ke Indragiri,apakah arti dari semboyan ini? Apakah Kuantan masa zaman kerajaan di bawah Pengaruh Kerajaan Indragiri? Mohon bantuannya admin

    BalasHapus
  2. iya memang betul adanya kuantan pada zaman kerajaan memang berada dibawah pengaruh kerajaan indragiri.

    BalasHapus
  3. Iya benar,kemarin ada saya baca Undang-Undang Adat Kerajaan Indragiri yg juga menyebutkan Wilayah kekuasaan Kerajaan,yg berbunyi " Indragiri adalah Kerajaan Berdaulat,Beraja nan Berdua, Yang Dipertuan Besar dan Yang Dipertuan Muda. Yang Dipertuan Besar yang mempunyai Kerajaan dan Yang Dipertuan Muda yg menjalankan Pemerintahan. Cerenti adalah ujung tanah minang kabau,kerajaan Tuan Gadis/gadih,kerajaan nan kwanso/kurang oso dua puluh,dua puluh dg muaro,adalah milik Kerajaan Indragiri,kecuali Muaro.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Asal suku cemin (cermin) di baserah berasal dari mana?

    BalasHapus
  6. Asal suku cemin (cermin di baserah berasal dari mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan terbesar berasal dari keneherian siberakun, kalau slah tolong dikoreksi.

      Hapus
  7. Ada sesiapa kenal dengan yang dipertuan ghani...?

    BalasHapus